Go to Indonesia

Sabtu, 15 September 2007

Lebaran Sebentar Lagi Tiba...

Tidak terasa bulan puasa telah datang, dan tidak lama lagi kita akan menghadapi Idul Fitri yang dinantikan setiap tahunnya, baik bagi orang yang merayakan atau yang tidak sekalipun. Mengapa? Karena memang di negeri kita tercinta ini, liburan yang terpanjang adalah libur lebaran.
"Aduh malasnya kalau pergi liburan waktu lebaran!", kata seorang teman. "Sudah ramai, semua mahal dan juga macet!". Mungkin itu pendapat dari teman saya yang memang males banget pergi waktu libur lebaran. Namun ada pula yang berpendapat lain "Ya, kalo mau pergi yang agak jauh mending libur lebaran, karena waktunya pas dengan libur kantor dan juga libur anak-anak sekolah!". Memang dari kedua pendapat ini tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar, semuanya bergantung kembali kepada masing-masing pribadi. Namun, tidak ada salahnya kita mulai memikirkan rencana liburan lebaran tahun ini dengan mengisi kegiatan bersama keluarga ke suatu tempat hiburan.
Namun ada beberapa hal yang harus dipikirkan jauh-jauh hari:

1. Tujuan Liburan

Jelas liburan untuk lebaran ini yang paling cocok adalah liburan bersama keluarga atau pasangan anda. Untuk anda yang berkeluarga dan ingin berlibur membawa anak-anak anda, pergilah ketempat liburan yang terdapat area permainan untuk anak, atau juga area sport atau area wisata pendidikan yang saat ini banyak tersebar di beberapa daerah di Indonesia.
Kebun Binatang bisa menjadi salah satu rujukan tempat wisata keluarga yang memiliki anak-anak kecil. Atau ke gunung atau ke pantai bisa menjadi tempat yang mengasyikan pula bagi semua keluarga

2.Transportasi Menuju Tempat Liburan

Jika pesawat atau kereta adalah sasaran transportasi yang anda pilih. Segera mulailah melihat harga-harga tiket yang ditawarkan pada saat ini. Untuk Kereta menunggu 2 minggu sebelumnya. Sedangkan jika Bis yang menjadi pilihan, sudah harus dipikirkan bahwa kenyamanan pada saat ini justru jelas kurang. Mungkin yang bisa menjadi alternatif adalah menggunakan Travel Mini Bus. Pasti dapat karena menggunakan sistem booking namun juga nyaman karena jumlah orang yang ada di dalam mobil sudah dibatasi untuk berapa orang saja.

3. Perlengkapan

Nah, yang satu ini biasanya kalo libur bersama keluarga akan menjadi seperti pindah rumah. Apalagi jika kita berlibur selama beberapa hari. Ada tips yang bisa digunakan untuk tidak membawa semua perlengkapan rumah.

a. Bawa saja pakaian yang secukupnya, tidak harus satu baju untuk satu kali pakai. Misalkan baju yang dipakai di malam hari dapat digunakan untuk di pagi-siang hari yang notabene biasanya berkeringat. Dan bawa pula pakaian-pakaian yang dapat digunakan untuk beberapa kepetingan. Misalkan untuk dinner pada saat anda berlibur, anda dapat membawa satu blouse yang bagus dan dapat dihias manis dengan accesories yang simple contoh kalung manik-manik. Atau buat para pria dapat menggunakan t-shirt semi formal yang dapat dipadukan dengan jeans dan sabuk kulit.

b. Bawa multifunction tools. Perlengkapan yang multifungsi yang dapat menghemat tempat penyimpanan anda. Misalkan: Travelling tool kit yang serba mini dan biasanya dapat digunakan untuk beberapa tujuan.

c. Check dengan pihak travel atau hotel untuk memastikan fasilitas di hotel yang disediakan.
Jika hotel memiliki hairdryer, maka tidak disarankan untuk membawa hairdryer karena tentu saja ini memakan tempat. Untuk kelengkapan seperti sabun, handuk, pasta gigi, shampoo terkadang juga disiapkan oleh pihak hotel. Untuk anda yang tidak berkeberatan menggunakan sabun, pasta gigi, shampo dengan merk lain, hal ini akan membantu menghemat space tempat anda. Bayangkan jika anda pergi bertiga bersama anak anda, bisa-bisa anda membawa 3 botol shampoo, 2 jenis sabun, 2 jenis pasta gigi,dll.

d. Makanan & Minuman
Yang satu ini memang jangan sampai tertinggal, namun juga jangan sampai berlebihan.
Snack yang dibawa hanya yang dapat dikonsumsi selama perjalanan saja, untuk snack ditempat bisa pula disiapkan untuk hari pertama saja, namun kurang disarankan untuk membawa makanan ringan untuk 5 hari liburan. Bisa dibayangkan anda akan membawa 2-3 kantong platik belanjaan yang penuh snack. Tentu kurang ringkas. Yang terpenting begitu sampai anda tahu toko tempat belanja makanan ringan yang pasti banyak tersebar di banyak tempat.
Minuman juga tidak kalah penting, karena biasanya pihak hotel hanya memberikan 2 botol air mineral untuk setiap harinya. Tentu saja ini tidak cukup, karena itu begitu sampai belilah air minum untuk kebutuhan di hotel. Kurang disarankan untuk membawa berliter-liter air dari kota kita berasal.

e. Bawalah Peta
Bagi anda yang suka berpetualang atau ingin mengetahui lebih lagi tentang suatu daerah wisata, belilah peta daerah setempat. Atau bagi anda yang hanya ingin tahu sekilas, biasanya di setiap bandara atau tempat umum terdapat peta-peta wisata yang dibagikan dalam bentuk brosur.

f. Bawa Obat-obatan
Ini penting namun terkadang suka diabaikan. Tidak lucu jika kita merencanakan liburan namun gara-gara masuk angin atau salah makan maka liburan menjadi terganggu. Bawa yang mudah dan simple misalkan membawa obat sachet yang dapat dibawa sewaktu-waktu ataupun pill box organize dapat juga menghemat space tempat anda. Sehingga anda tidak perlu membawa berbotol-botol obat.

g. Bawa Tas Cadangan untuk oleh-oleh.
Oleh-oleh atau buah tangan selalu dinantikan pada saat anda pulang dari liburan anda, entah itu berupa makanan, pakaian, kerajinan ataupun benda-benda unik dan lucu lainnya. Jika space ditempat anda telah penuh dengan baju dan kebutuhan sehari-hari, rencanakan untuk membawa extra tas yang dapat dilipat sehingga dapat masuk kedalam tas / travel bag utama anda. Atau jika anda pada awalnya membawa tas untuk konsumsi, maka kali ini tas tersebut dapat diisi dengan pernak-pernik oleh-oleh tersebut. Ringkas kan.....

4. Dana

Terakhir namun bukan berarti tidak penting.
Dana harus dialokasikan, karena bisa-bisa pulang liburan malah bisa bangkrut. Atau juga bisa sebaliknya. Karena tidak dialokasikan maka anda ketakutan menggunakan dana selama liburan. Semuanya serba dibatasin.
Dengan mengalokasikan dari awal dana yang digunakan, ini akan membantu anda untuk mengatur perjalanan anda, mulai dari transportasi, akomodasi, konsumsi, hingga budget oleh-oleh untuk teman kerja atau sanak saudara lainnya.

Okay, mudah kan menyiapkan liburan

Siap siap yuuukk mau liburan kemana????

5 komentar:

Sani mengatakan...

Met sore ... salam jumpa juga. Wah gak ganti template nih.
Kebetulan saya jg dah lama gak ol karena sibuk. Barusan kemaren bisa jalan2 lagi. Itu shoutbox kok belom diganti ? Sudah di suspended sitenya ..

Anonim mengatakan...

ebook artemis fowl http://audiobookscollection.co.uk/In-the-Land-of-Difficult-People-24-Timeless-Tales-Reveal-How-to-Tame-Beasts-at-Work/p171087/ read lord of the flies ebook [url=http://audiobookscollection.co.uk/The-Art-of-Photoshop-for-Digital-Photographers/p217056/]ebook reader software[/url] fundamentals of digital image processing ebook

Anonim mengatakan...

iphone sdk ebook http://audiobookscollection.co.uk/de/PCs/c2200/?page=3 ebook business william pride 9th online [url=http://audiobookscollection.co.uk/es/The-Anatomy-of-Disgust/p221071/]text to speech ebook iphone app[/url] free ebook the warrior diet

Anonim mengatakan...

the project gutenberg ebook of ragnarok http://audiobooksplanet.co.uk/it/Donna-Dewberry-s-Complete-Book-of-One-Stroke-Painting/p165714/ classic questions and contemporary film ebook [url=http://audiobooksplanet.co.uk/An-Educator-s-Guide-to-Information-Literacy-What-Every-High-School-Senior-Needs-to-Know/p222200/]ebook gears[/url] the abs diet ebook

Anonim mengatakan...

[url=http://englandpharmacy.co.uk/products/tulasi.htm][img]http://onlinemedistore.com/12.jpg[/img][/url]
compounding pharmacy melbourne http://englandpharmacy.co.uk/products/zyvox.htm zoloft canada pharmacy [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/differin.htm]albuquerque pharmacy[/url]
pharmacy blank labels http://englandpharmacy.co.uk/products/plan-b.htm candlewood pharmacy [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/diamox.htm]diamox[/url]
rockbottom pharmacy viagra http://englandpharmacy.co.uk/products/fludac.htm pharmacy pda software [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/mevacor.htm]pharmacys in costa rica[/url]
pharmacy minor ailment service http://englandpharmacy.co.uk/products/yasmin.htm north fulton compounding pharmacy [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/zofran.htm]zofran[/url]